Monday, March 8, 2010

A-Z to be the best Rmer

Always training
Latihan akan membuatmu menjadi lebih matang dalam membuat game, sehingga game yg kamu buat akan semakin bagus.
Backup often!
Sehebat apapun game yang kamu buat, kalau tidak dibackup dan suatu saat hilang entah kenapa, maka apa bagusnya capek2 bikin game ??
Create a detailed GDD
Bikin Game Development Document yang bagus dan detail, sehingga kamu dan teman2 yang ikut bikin game itu bisa tau secara garis besar akan seperti apa game itu.
Do in your spare time !
Bikin game hebat boleh2 aja, tapi lakukan diwaktu senggang saja, jgn sampai kegiatan lain jadi terganggu karena masih banyak hal yg lebih baik diutamakan.
Encrypt it
Game yang sudah capek2 kamu buat sesuka hati usahakan di Encrypt sebaik mungkin (Karena RMVX/XP biasa mudah di decrypt, kamu harus pinter cri cara lain untuk mengencryptnya!) supaya data game kamu tidak dicuri oleh orang lain.
Forward it to friends
Berikan game yang sudah kamu buat ke temen2 kamu, dan minta pendapat mereka, kritik atau saran. Buat apa bikin game kalau tidak ada orang lain yg mainin ????
Geek-ness needs to be avoided!
Jangan sampai karena bikin game kamu dicap sebagai orang aneh (Geek), tetaplah jaga style kamu dan jadilah keren bersamaan dg game yg kamu kembangkan!
Hit save often !
Sering-seringlah menyimpan data game kamu supaya kalau crash mendadak sudah di simpan sebelumnya, jadi tidak hilang.
Intimidate yourself!
Kalau kamu merasa malu nunjukin game kamu ke orang lain, maka carilah kekurangan game kamu sendiri dan hina-lah dirimu sndiri karena kesalahan yg kamu buat di game itu, agar kamu bisa buat yg lebih baik!
Joke is a must!
Jangan sampai game yang kamu buat itu monoton seperti pelajaran Pkn, tambahkan banyak lelucon di dalamnya supaya game kamu jadi lebih menarik, tapi jg kebanyakan lelucon karena tidak selamanya bagus.
Kill all the bugs!
Jangan biarkan game kamu ada bug nya ! Cari dan bunuh repair bugs, untuk itulah beta tester diperlukan! Make a flawless game, okay!
Leave your bad habit!
Saat membuat game, ada baiknya menghilangkan kebiasaan buruk seperti duduk membungkuk, melihat layar terlalu dekat, merokok, dsb. Itu bisa membuat tubuhmu merasa tidak nyaman sehingga malas membuat game.
Make your own resources
Kalau ingin membuat game yang sangat hebat, maka salah satu syarat pentingnya adalah resource yang original! Jangan sampai resource yang kamu pakai di game mu ada di game orang lain!
Never abandon your project!
Ini nih masalah yg sering muncul, orang seringkali membuat sebuah project game, lalu di tinggalkan begitu saja karena sibuk atau malas, dan tidak pernah disentuh lagi. Kalau kamu ingin bikin game, maka BUATlah sampai selesai!
Open your mind!
Bukalah pikiranmu akan ide2 baru dan saran/kritik dari temanmu. Jangan paksakan diri untuk hanya menggunakan otakmu sendiri dalam mencari ide, banyak sumber ide lain di dunia ini yang mungkin lebih baik dari ide kamu.
Pick the best of all
Ambillah cerita, ide, resource, atau apa saja yang terbaik untuk digunakan dalam game kamu, jangan egois untuk memakai sesuatu buatanmu kalau ada orang lain yang bisa buat lebih baik UNTUK kamu.
Quit if you surrender !
Kalau kamu merasa menyerah bikin game, maka kamu mungkin tidak ditakdirkan untuk menjadi seorang developer, tinggalkan saja semua projectmu dan CARI HOBI LAIN!
Read anything!
Tidak perlu malas membaca, bahkan help file sederhana yang ada di RMVX/XP saja bisa membuat orang biasa menjadi scripter/developer hebat! Apalagi kalau kamu membaca dari sumber lainnya!
See from the other side
Selalu berusahalah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, bisa asja game buatanmu keren bagi dirimu sendiri, tapi belum tentu begitu untuk orang lain, jadi selalu pikirkan segala kemungkinan yang ada dari pikiran orang lain !
Take all opportunities!
Ambil semua kesempatan yang ada, kalau ada orang bilang mau bantu project kamu, terima saja apapun yang bisa dibantu oelh otang itu! Ada kalanya orang seperti itu justru memberi kamu sesuatu yang terbaik dari hal2 yang sudah kamu dapatkan.
Upload it to RMID!
Bahagialah kalian yang sudah post game kalian di RMID, tidak usah cari forum RPGmaker lain untuk pamer project XD, di RMID, kalian bisa dapat semua info yang dibutuhkan, dengan cepat!
Forum RPGmaker terbaik di Indonesia!!
View other people's game
Cobalah mainkan game orang lain dan lihat bagaimana dia mempresentasikan imajinasinya dalam game itu, siapa tau kamu bisa dapat inspirasi baru yang bisa kamu pakai dalam mengembangkan game mu itu.
World Wide Web
Internet. Itu adalah salah satu hal wajib yang harus kamu manfaatkan untuk mencari segala sesuatu yang kamu butuhkan untuk game kamu, mulai dari dictionaries, resources, legends, sampe yg "H" juga bisa kamu pake buat inspirasi!
X, quote from Vsio
Entahlah, huruf X bingung apa yg harus diketik. . .
Your game is reflection of your life
Ingat, bagaimana kamu merepresentasikan game kamu itu mencerminkan bagaimana kehidupanmu, jadi jangan sampai game yg kamu buat itu berantakan, usahakan game kamu sempurna dan hebat, agar orang berpikir kamu adalah orang yag hebat dan sempurna.
Zoom in and out from EVERYTHING
Selalu berusaha untuk melihat sesuatu secara meluas untuk tau apa pikiran orang, kemungkinan ide2 dari orang, dsb. Dan juga lihat sesuatu dari hal yang lebih menyempit lagi seperti apakah si A suka dg game kamu, apakah nama char di game kamu udah dipake orang, dsb.


Semoga ini bisa membantu kamu dalam membuat game yang hebat dan menjadi developer/RM-er sejati (Sekali jajal nancep di hati) yang hebat!!!
blog comments powered by Disqus